2016-05-04

20 Resep Obat Sakit Gigi Terbukti Tiada Banding Bahan Alami

Resep obat sakit gigi memang kini bertumbuh pesat kebutuhannya di masyarakat umum, seiring tumbuhnya pula penderitanya mungkin atau karena masyarakat sekedar mencari informasi agar mudah mengantisifasi, dengan kata lain 'mencegah lebih baik daripada mengobati'.

20 Resep Obat Sakit Gigi Terbukti Tiada Banding Bahan Alami
Obat Sakit Gigi

Sebagaimana kita ketahui bahwa sakit gigi adalah penyakit yang begitu lumrah dan mungkin lebih dari setengah manusia yang hidup di bawah langit ini pernah merasakan betapa menyiksanya penyakit ini, karena ia tidak kenal muda ataupun tua, sekali ia hinggap, lama untuk bisa mengusirnya.

Nah, agar tidak lama tersebut, perlu dukungan pengetahuan untuk cara yang paling tepat menangani sakit gigi tersebut. Maka dengan alasan itu postingan ini di buat dengan setulus hati agar bisa membantu meredakan masalah penyakit tersebut dengan tuntas dantidak kambuh lagi.
 
Sebenarnya para pakar kesehatan sudah banyak berbagi tips dalam artikel-artikel mereka mengenai obat sakit gigi ini. Namun secara pribadi tujuan saya disini hanya untuk mungkin sedikit melengkapi yang sudah ada dan memberi sedikit kontribusi kepada dunia kesehatan yang menjadi masalah utama di Negri ini. Bagi yang ingin mengenal lebih mendalam seputar sakit gigi ini, baca artikel:

Resep Obat Sakit Gigi

Jika sakit gigi menyerang, tentunya kita akan merasakan segala hal yang tidak mengenakan, seperti sulit tidur, susah makan, ngomong gak lepas, pikiran kalut, kepala pusing, aaagghhhtt pokoknya sejuta rasa yeng menyebalkan.

20 Resep Obat Sakit Gigi Terbukti Tiada Banding Bahan Alami
Resep Obat Sakit Gigi

Lenih dari itu sakit gigi akan banyak menguras banyak waktu, karena aktifitas banyak terbuang hanya dengan meratapi sakit yang begitu sangat-sangat mengganggu. Dengan alasan demikian mungkin sebagian dari Anda berkunjung ke blog sederhana saya ini. Baiklah, Anda harus menenangkan diri terlebih dahulu, karena sebentar lagi Anda akan menemukan solusi tepatnya. Semoga cocok ya! Cooocok...
  • Madu

Umumnya, penyebab sakit gigi diakibatkan dari rusaknya gigi yang telah mencapai lapisan gigi bagian terdalam yang biasa disebut pulpa. Dalam keadaan seperti ini, saraf sudah mulai terganggu sehingga menyebabkan rasa sakit yang tak tertahankan. Obat sakit gigi Herbal yang pertama yaitu Madu. Sudah sangat terkenal, madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah sebagai obat sakit gigi herbal. Mengatasi sakit gigi dengan menggunakan madu ini sangat cocok untuk sakit gigi karena gigi berlubang karena madu mengandung antibakteri.
  • Minyak Batok Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan gigi. Selain untuk memperkuat gigi, minyak kelapa juga sangat baik untuk membantu melawan nyeri dan infeksi ketika menderita sakit gigi. Minyak kelapa mengandung antimikroba yang disebut asam laurat. Ketika enzimatik diubah menjadi monogliserida Monolaurin, akan menjadi antikuman yang kuat untuk membunuh virus, bakteri dan protozoa. Minyak kelapa sebagai obat sakit gigi memberikan manfaat untuk gigi kuat dan bersih, memperkuat gigi dan membantu untuk menyembuhkan dan mencegah gigi berlubang. Minyak kelapa sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi. Bahannya cukup mudah, cukup sediakan batok kelapa yang telah terbagi dua dan kapas secukupnya.
Cara pengobatan: Ambil satu bagian batok kelapa, kemudian bakar sampai keluar minyaknya. Ambil minyak batok kelapa menggunakan kapas, lalu tempelkan pada gigi yang sakit. Sehabis itu Anda akan kaget karena reaksi dari obat ini cukup cepat, rasa sakit pada gigi akan hilang hanya dalam beberapa menit.
  • Jahe

Jahe mempunyai aroma yang khas menyegarkan. Menurut California State University, jahe bisa digunakan untuk membantu menenangkan sakit kepala, mengobati kurap, sakit perut, keseleo dan memar, dan yang terpenting adalah membantu menenangkan rasa sakit yang disebabkan oleh sakit gigi. Sifat antibakteri yang terdapat dalam jahe dapat menyembuhkan infeksi ringan, luka, kemerahan dan pembengkakan yang terjadi akibat sakit gigi. Obat herbal jahe ini sangat mudah di dapakan, silahkan kunjungi pasar-pasar tradisional atau supermarket maka anda akan menjumpai jahe yang anda cari.
  • Arang

Mungkin anda bertanya-tanya, bagaimana bisa arang dijadikan sebagai obat sakit gigi. Ya, arang aktif memiliki sifat penghilang rasa sakit dan memiliki sifat analgesik yang sangat baik. Yang harus anda lakukan hanyalah membuat pasta dari arang aktif tersebut.
  • Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu obat sakit gigi herbal yang paling populer. Kandungan senyawa yang disebut allicin memiliki sifat antibiotik yang kuat. Obat herbal ini dapat membantu menghambat aktivitas bakteri. Selain itu, keuntungan lainnya adalah bawang putih merupakan bumbu masak sehari-hari sehingga sangat mudah didapatkan.
  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan sumber vitamin C yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan gigi. Dengan mengkonsumsi jeruk nipis bisa membantu mencegah sakit gigi bahkan gusi. Selain pencegahan juga sangat efektif untuk pengobatan gigi sakit dan gusi bengkak bahkan sampai pendarahan.
  • Kubis

Tahukah anda bahwa kubis ini memiliki sifat anti-detox atau anti racun yang baik? Siapa sangka kubis bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi. Kubis bisa membantu mengobati nyeri yang disebabkan sakit gigi.
  • Minyak Cengkeh

Salah satu obat sakit gigi yang paling ampuh adalah minyak cengkeh. Minyak cengkeh mengandung anti-inflamasi, anti bakteri dan antioksidan, sehingga bisa digunakan untuk membantu mengobati infeksi gigi atau abses gigi. Minyak cengkeh bekerja dengan cara mematikan rasa pada saraf yang sakit untuk sementara waktu. Mengapa demikian? Hal tersebut terjadi karena cengkeh mengandung zat yang disebut eugenol yang merupakan anestesi kuat dan juga memiliki sifat antiseptik.
Caranya: Gunakan minyak cengkeh dengan cara meneteskannya pada gigi yang sakit menggunakan kapas atau cotton bud (ditempel-tempel). Setelah rasa sakit hilang (kira-kira 30 menit), barulah berkumur dengan air hangat.
  • Bawang Bombay

Salah satu penelitian telah membuktikan bahwa bawang bombay memiliki sifat bakterisida. Dengan mengkonsumsi bawang bombay setiap harinya dapat membantu untuk melindungi gigi dari berbagai masalah penyakit gigi. Bawang bombay akan membantu membunuh kuman-kuman yang ada di mulut.
  • Es batu

Banyak mitos bahwa mengonsumsi es akan memperparah kondisi sakit gigi, bahkan yang tidak sakit pun akan terancam terserang. Tapi tidak dengan es batu. Es batu bisa dijadikan sebagai alternatif obat bius, sifat anestesi berfungsi untuk menonaktifkan saraf sementara sehingga membantu untuk meringankan sakit gigi anda.
  • Bubuk Cengkeh dan Ekstrak Vanili 

Kedua obat herbal ini memiliki sifat yang sama yaitu meredakan rasa sakit. Berkat kandungan eugenolnya, bubuk cengkeh sangat efektiv sebagai obat sakit gigi paling ampuh. Ketika dicampur dengan ekstrak vanili, potensi dan efektivitas keduanya meningkat secara substansial.
  • Jambu Mete

Dalam pengobatan herbal afrika, daun jambu mete digunakan untuk membantu mengobati masalah sakit gigi dan gusi. Sementara di Brazil dan Nigeria, bagian dari jambu mete yang dimanfaatkan adalah kulitnya. Dengan membuat rebusan air kulit jambu mete, hal ini bisa membantu mengobati sakit gigi dan inflamasi pada gusi. Daun dari jambu mete ini juga sangat berguna untuk mengobati sakit gigi, tenggorokan, serta sebagai obat penurun panas.
  • Peppermint Oil

Obat herbal lainnya yang memiliki fungsi sebagai anti bakteri adalah peppermint oil. Oleh karena itu sangat baik untuk membantu mengobati sakti gigi berlubang yang disebabkan oleh pembusukan bakteri. Namun anda harus hati-hati dalam penggunaan peppermint oil, jauhkan dari jangkauan anak-anak karena aromanya yang menyengat.
  • Daun Kemangi

Siapa yang tak kenal dengan kemangi, kemangi biasa dijumpai di warung-warung makan pecel lele. Kemangi biasa digunakan sebagai lalap. Kemangi memiliki bau harum yang khas sehingga bisa membantu untuk mengatasi bau mulut. Tidak hanya itu, kemangi juga bisa digunakan untuk mengatasi rasa sakit gigi.
  • Getah Jarak

Meskipun tergolong obat sakit gigi alami keras, asalkan dengan metode telaten, getah dari tanaman jarak ini telah membuktikan keampuhannya dalam mengatasi penyakit ini, cukup dengan cara meneteskan sedikit demi sedikit getah jarak pada gigi yang berlubang, atau bisa juga gunakan kapas untuk diselipkan pada gigi yang berlubang.
  • Ekstrak kayu manis

Kayu manis yang biasa kita jumpai dalam makanan soto ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan kita. Kayu manis selain digunakan untuk menambah cita rasa soto, juga bisa membantu meringankan sakit gigi berkat kandungannya yang bernama eugenol.
  • Cabe Rawit

Dalam bukunya "The Healing Benefits of Cayenne," John Heinerman merekomendasikan cabari rawit atau cabai merah untuk mengobati sakit gigi. Caranya pun mudah: tumbuk cabai rawit, kemudian seduh dalam air panas. Kenai kapas dengan air seduhan cabai rawit, kemudian tempel pada gigi yang sakit. Bisa juga untuk berkumur.

  • Ramuan Obat Kumur Sakit Gigi

    1. Garam
    Cara mengatasi sakit gigi dengan garam-larutkan 2-3 sendok teh garam dalam segelas air hangat. Berkumurlah dengan larutan tersebut.
    2. Kunyit
    Siapkan beberapa siung kunyit kemudian rebus dengan air secukupnya. Ramuan ini selain sebagai obat kumur juga bisa untuk diminum.
    3. Daun Jambu Biji
    Siapkan ramuan dengan merebus daun jambu biji dalam air selama sekitar 15 sampai 20 menit. Bilas mulut dengan air ini selama sekitar satu menit atau lebih. Terapi ini akan memberikan bantuan jangka panjang pada gigi sakit.

    Saya cukupkan sampai disini penjelasan kita mengenai resep obat sakit gigi ini. Jika ada pertanyaan silahkan kirimkan melalui komentar. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa share kepada teman-teman ya!

    0 comments:

    Post a Comment


    Top